Pansus Lapao-pao Digerogoti, Beberapa Anggotanya Diperintahkan Undur Diri

KENDARINEWS.COM (KOLAKA)    Harapan untuk melihat Pansus blok Lapao-pao membongkar seluruh permasalahan di blok Lapao-pao, menciut. Pansus yang tadinya solid dan garang, perlahan tapi pasti mulai kendur digerogoti intervensi partai. Kabarnya, beberapa anggota Pansus diperintahkan partainya untuk menarik diri dari Pansus yang dibentuk melalui paripurna itu.
Tambang Lapaopao

FOTO : ILUSTRASI

Hal tersebut diungkapkan wakil ketua Pansus blok Lapao-pao Syarifuddin. Ia mengungkapkan ada beberapa anggota Pansus yang diperintahkan untuk menarik diri. Meski tidak menyebut jumlah dan orangnya, tapi ia mensinyalir hal tersebut benar adanya. Katanya, hal itu berpotensi melemahkan Pansus.

Syarifuddin menegaskan bahwa tidak seharusnya anggota Pansus keluar begitu saja dari keanggotaan. Sebab, pembentukan Pansus dilakukan melalui mekanisme yang sah dan sesuai aturan. Karean itu, hesarusnya jika partai mengintervensi terlalu jauh terhadap jalannya Pansus dengan menarik anggotanya, seharusnya partai juga mengikuti mekanisme yang ada. “Kalau ada anggota yang mengundurkan diri dari pansus harus sesuai dengan peraturan,” terangnya.

Dirinya menjabarkan bahwa Pansus dilahirkan melalui paripurna. Jadi jika ada anggota Pansus yang ingin keluar, mereka harus menyurat secara resmi kepada DPRD. Lebih lanjut Ia mengungkapkan keheranannya terhadap eksistensi partai yang menarik keanggotaan kadernya dari Pansus. Pasalnya Pansus dibentuk setelah muncul desakan dari masyarakat. Artinya, Pansus merupakan representasi dari perjuangan partai untukl membela hak rakyat. “Sebenarnya apa yang ditakutkan dari pansus, pansus itu bukan hakim, polisi yang mengintervensi sesorang,” ujarnya.

Politisi PPDK ini menambahkan, seharusnya pansus tidak boleh diintervensi oleh pihak luar, tetapi yang terjadi sekarang ada anggota partai yang menarik anggotanya keluar dari pansus. Inilah katanya yang juga menimbulkan pertanyaan kenapa partai harus menarik anggota fraksi. “Kalau begini terus terus pansus diintervensi oleh partai, masyarakat harus melihat partai tersebut, apakah memihak sama rakyat atau tidak,” ketusnya.

Meskipun anggota Pansus ditarik keluar, namun ia menegaskan bahwa Pansus akan tetap berusaha bekerrja maksimal. Selain untuk membela aspirasi rakyat, merkea juga sudah terikat dengan surat kerja yang telah dibuatkan. “Berapapun anggota pansus blok lapao-pao yang ada, akan terus berjalan,” tegasnya. (RADAR KOLAKA)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s