Gubernur : PT Ceria Pencuri

KENDARINEWS.COM(KOLAKA) Gubernur Sultra, Nur Alam menyebut PT. Ceria Nugraha Indotama, pemenang tender Blok Lapao-pao telah melakukan pencurian. Sebab, menurutnya di blok eks kontrak karya PT. Inco tersebut belum bisa dijual karena masih belum ada izin dari pemerintah.
Hal itu disampaikan pada masyarakat Kecamatan Wolo dalam kunjungan kerjanya kemarin (24/1) di desa Muara Lapao-pao. “Sejak blok Lapao-pao dilepas PT. Inco, tdk pernah ada izin diterbitkan. Karena moratorium sudah dilakukan. Tidak boleh ada IUP diterbitkan sebelum ditetapkan aturan baru,” ujarnya.

Nur Alam menambahkan, izin usaha pertambangan di blok Lapao-pao tidak sah secara hukum. Sebab blok tersebut belum memenuhi syarat. Pasalnya menurut Nur Alam, izin lelang lahan tambang harus diterbitkan oleh pemerintah pusat minimal berbentuk Kepres. “Banyak kejanggalan dalam proses ini. Tidak sah dan tidak memenuhi syarat perundang undangan yang berlaku. Saya merasa belum pernah mengeluarkan izin pinjam pakai hutan,” ujarnya.

Apalagi menurut Nur Alam, sudah dikeluarkan perintah Dirjen Minerba Kementerian ESDM untuk mencabut kembali izin penambangan di blok Lapao-pao itu. “Saya sudah terima tembusannya. Dan itu benar dari dirjen, bukan palsu seperti yang dirumorkan. Saya minta pada masyarakat, untuk tidak memberi jaminan keamanan pada mereka,” imbuhnya.

Belum lagi tidak ada jaminan dari PT. Ceria bahwa mereka hanya akan mengambil sampel. Namun yang mengherankan kata Nur Alam, sampel yang diambil sampai 7 kapal. Dengan janji akan memberikan Rp 2 miliar per desa tiap tahun saat eksplorasi, serta Rp 10 miliar per tahun setelah pabrik berdiri.(RADAR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s