DPRD Kolaka bentuk Pansus Blok Lapao-pao

 Demo HMI kolaka-Blok Lapao-paoDemo HMI Kolaka menuntut PT. Ceria

KOLAKA, UPEKS–DPRD Kolaka menyepakati akan membentuk panitia khusus (pansus) terkait aktivitas perusahaan PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) sebagai pemenang tender di Blok Lapaopao, Kecamatan Wolo.
Demikian diungkapkan Ketua DPRD Kolaka, H Parmin Dasir, didampingi kedua wakilnya H Suaib Kasra dan Tadjuddin M, saat menerima aspirasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kolaka kemarin di gedung DPRD Kolaka.
H Syarifuddin, salah seorang anggota Komisi II, dengan tegas memberikan apresiasi kepada mahasiswa HMI yang menuntut pernyataan Bupati Kolaka bahwa tidak ada aktivitas di Lapaopao sebelum pabrik berdiri. “Tapi kenyataannya tidak seperti itu, ini kan namanya sudah membohongi publik,” ungkap Syarifuddin.
Sementara, H Akring Akring Johar, juga menyepakati untuk dilakukan pansus, dan mengeluarkan rekomendasi penghentian aktifitas CNI. Menurutnya, bila CNI berjanji akan memberikan saham pasif sebesar 17,8% kepada Pemkab Kolaka, dana CSR serta mendirikan pabrik. “Yang perlu kita pertanyakan apakah janji-janji CNI itu bisa diwujudkan, karena sampai saat ini Inco saja tidak bisa mendirikan pabrik, ini yang perlu kejelasan kepada kita semua,” kata Akring.
Begitu pun halnya Jony Syamsuddin anggota Komisi I, menyorot terkait sample 7 kapal. Menurutnya, itu merupakan suatu perampokan. “Sangat tidak rasional kok ada sample sampai 7 kapal. Pansus dewan nantinya akan mempergunakan semua hak-hak dewan termasuk hak angket,” kata Jony.
Sementara Ketua DPRD, Parmin Dasir, juga merasa kecewa terhadap Bupati Kolaka, karena terkait blok Lapaopao tidak pernaa ada pemberitahuan kepada dewan. Diakuinya, pihaknya sudah menyurati Bupati Kolaka saat itu agar proses tender dibatalkan sambil menunggu persetujuan dari Menteri. “Itu langkah yang kami tempuh untuk kepentingan administrasi, namun hal itu tidak perna diindahkan, terus terang kami begitu kecewa kepada pernyataan bupati yang tidak konsisten,” kata Parmin dengan nada kecewa.
Sementara Asisten I Bidang Pemerintahan, Syarifuddin Lappase mewakili pemerintah
menegaskan siap menerima untuk dipansus terkait blok Lapaopao.”Kami selaku ketua tim bersedia untuk dipansus,” kata Syarifuddin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s