Senin, 8 Agustus 2011: Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Diperiksa Kejagung

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kejaksaan Agung melakukan pemeriksaan terhadap Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir serta Kabid Pertambangan Umum Kabupaten Kolaka Ishak Noerdin. Pemeriksaan yang dilakukan oleh tim jaksa penyidik pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) itu dilakukan terkait dugaan korupsi dalam jual beli nikel kadar rendah antara Pemkab Kolaka dengan PT. Kolaka Mining Internasional .

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Noor Rachmad mengatakan keduanya diperiksa untuk perkara dengan tersangka Bupati Kolaka Buhari Mattas serta  Atto Sukmiwata Sampe Toding yang menjabat sebagai Managing Director PT. Kolaka Mining Internasional.

“Untuk penyidikan dugaan korupsi jual beli nikel kadar rendah antara Pemkab Kolaka dengan PT Kolaka Mining Internasional. Yang jelas ini ingin membuktikan ada perbuatan pidana,” ujar Noor di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (8/8/2011).

Sebelumnya, Kejaksaan Agung  menetapkan Bupati Kolaka Buhari Matta sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelewengan kewenangan dalam pembuatan surat izin kuasa pertambangan ilegal. Namun, Buhari tidak ditahan oleh Kejagung. Akibat perbuatan Buhari tersebut, diduga negara menderita kerugian sebesar Rp 5 miliar.

Buhari dijerat pasal 3 dan 2 UU Tindak Pidana Korupsi. Selain Bupati Kolaka, Kejagung juga menetapkan pengusaha PT Kolaka Mining Internasional Atto Sakmiwata Sampetoding sebagai tersangka.

Kasus ini bermula ketika Bupati Kolaka, Buhari Matta mengeluarkan surat izin kuasa pertambangan biji bikel Nomor 146 Tahun 2007 tanggal 28 Juni 2008 dalam areal kawasan konservasi di Pulau Lemo oleh PT Inti Jaya. Izin dikeluarkan tanpa adanya persetujuan Menteri Kehutanan. Oleh karena itu, tindakan Buhari dianggap menyalahi jabatan dan wewenang.

Penulis: Ferdinand Waskita  |  Editor: Yulis Sulistyawan
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com

One thought on “Senin, 8 Agustus 2011: Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Diperiksa Kejagung

  1. Kalau ketua DPRD hanya diam menyikapi kebijakan Bupati kolaka tentang Eksploitasi Blok Lapao-pao, maka bisa jadi Ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir kembali diperiksa oleh Kejagung seperti berita diatas. DPRD Jangan Diam !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s